Tips Percantik Blogger

Senin, 02 September 2013

Tekanan Darah Tinggi/ Hipertensi

Tekanan darah normal berkisar 120/80 mmHg. Tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg disebut dengan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal, jantung, perdarahan pada retina mata, dan pecahnya pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan kelumpuhan.

Gejala:
Sakit kepala dan pusing, mudah marah, pegal pada tengkuk, hidung dapat mengeluarkan darah secara tiba-tiba.

Penyebab:
Penyempitan (konstriksi) pada cabang arteri kecil dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi akibat pola makanan yang mengandung banyak lemak. Adanya penyakit lain seperti anemia, hipertiroid, gangguan ginjal kronis, tumor otak atau kerusakan kongenital (bawaan).

Pengobatan :

Resep 1:
15 gr kulit jeruk lemon, 15 gr kulit jeruk mandarin, 10 gr jahe, gula merah secukupnya, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan airnya digunakan untuk memblender 2 buah labu siam. Lalu ditambah dengan 50 cc air jeruk nipis dan madu secukupnya, lalu diminum.

 Resep 2:
3 lembar daun pandan, gula merah secukupnya, direbus dengan 15 gr bunga krisan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu ditambah dengan 50 cc air jeruk nipis, diaduk, dan diminum.

 Resep 3:
100 gr akar alang-alang, 20 gr daun alpukat, 50 gr rambut jagung direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc disaring, gunakan untuk memblender 1 buah labu siam, aduk rata, dan diminum secara teratur.


(Sumber: Penyembuhan dengan jeruk oleh Prof. H. M. hembing Wijayakusuma)

Judul: Tekanan Darah Tinggi/ Hipertensi; Ditulis oleh genkislami; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar